permainan tradisional anak indonesia



Seperti yang kita ketahui zaman dahulu sebelum anak anak mengenal internet dan game online anak anak bermain dengan ceria dan gembira di lapangan bersama teman teman nya kecerian itu tak luput dari berbagai macam permainan tradisional yang mengasikan admin kali ini akan memposting permainan tradisional anak indonesia diantaranya :




1.CONGKLAK



Congklak adalah permainan tradisional indonesia yang biasanya di mainkan oleh 2 orang .congklak biasanya menggunakan papan congklak yang umum nya terbuat dari plastik dan biasanya congklak di main kan menggunakan jenis biji bijian, cangkang kerang atau biasa nya juga mengggunakan batu. pada awal permainan congklak setiap lubang di isi dengan 7 buah biji kedua pemain berhadapan salah seorang yang memulai mengambil biji dan meletakan satu ke lobang ke sebelah kanan nya bila biji habis dan berhenti di lubang biji lain nya maka pemain mengambil biji tersebut jika ia berhenti di lubang besar milik nya dia bisa memilih lubang dan melanjutkan permainan. bila dia terhenti di lubang yang kosong maka ia tidak mendapatkan apa apa. permainan akan selesai jika tidak ada lagi biji yang di ambil.

2.GASING KAYU



Gasing atau yang biasa juga di sebut gangsing adalah permainan yang berputar mengikuti poros gansing juga adalah permainan tertua menurut situs arkeologi. gasing pada umumnya di buat dari kayu, akan tetapi ada juga yang di buat dari plastik. tali gasing di buat dengan tali nilon, bisa juga di buat memakai tali pohon. panjang tali gasing berbeda, beda sesuai dengan panjang lengan orang yang memainkan nya. peraturan permainan gasing juga berbeda beda ada yang adu bunyi, adu putar dan ada yang adu pukul. gasing juga ada berbagai bentuk ada yang berbentuk silindris, ada yang lonjong, ada yang berbentuk jantung, dan ada yang kerucut.

3.KELERENG





kelereng atau bisa juga disebut gundu, keneker atau guli adalah permainan anak anak yang terbuat dari tanah liat atau pun marmer. kelereng biasa nya berukuran setengah inci atau 1.25 cm kelereng kadang kadang di koleksiuntuk nostalgia. dulu kelereng di buat dari tanah liat, namun seiring dengan perkembangan zaman kelereng sekarang sudah di buat dengan bentuk menyerupai permen.

4.PLETOKAN





Pletokan adalah sebuah permainan bersenjata yang terbuat dari bambu yang peluru nya terbuat dari kertas atau pun biji bijian. pletokan ini adalah permainan tradisional khas betawi. pletokan ini biasa nya di main kan oleh anak laki laki yang berusia 6-13 tahun. permainan ini di main kan dengan cara, peluru nya di masukkan ke dalam bambu dan ditolak dengan batang penolak (disodok). tembakan ini akan menimbulkan bunyi "pletok" dan pelurunya terlempar sampai kurang lebih 5 meter dan relatif lurus.


5.EGRANG



egrang adalah permainan khas indonesia yang menggunakan 2 buah bambu sebagai alas kaki. egrangdahulu permainan ini adalah permainan yang menantang selain permainan egrang juga bisa menjadi alat bantu ketika banjir. ada beberapa jenis egrang yaitu egrang pasak egrang dry wall egrang pesak dan egrang pegangan egrang juga sering di mainkan pada perlombaan 17 agustus


Nah itu beberapa contoh permainan tradisional indonesia. dan masih ada banyak lagi permainan tradisional indonesia.











Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "permainan tradisional anak indonesia"

Post a Comment